e-Money Semua Bank Bisa Dipakai, Tol Tak Terima Transaksi Tunai
Selasa, 2 Mei 2017

Jakarta. Tahun ini pemerintah akan mendorong angka penetrasi penggunaan transaksi non tunai atau elektronik pada seluruh ruas-ruas jalan tol di Indonesia. Artinya, nantinya pembayaran tol secara tunai tidak akan ada lagi

Saat ini, penggunaan uang elektronik pada tol sendiri baru 23%. Kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik di jalan tol, pemerintah akan memberi kemudahan dalam melaksanakan hal ini.

Di tahun ini, saat semua gerbang tol tak lagi menerima pembayaran tunai, maka uang elektronik atau e-money dari semua bank bisa digunakan di gerbang tol. Saat ini, transaksi pembayaran tol di beberapa daerah telah menyediakan layanan untuk semua bank BUMN, yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

"Itu kebijakannya memang harus multi bank. Sekarang sudah Himbara, tapi paling tidak kalau dulu kan hanya (Bank) Mandiri, sekarang sudah Himbara. Multi bank itu semua bank bisa pada dasarnya. Di beberapa tempat sudah diterapkan yang semua bank. Kayak di Cikopo-Palimanan itu semua bisa masuk termasuk BCA, Jabodetabek juga. Nanti pada akhirnya semua bisa," tutur Herry.

Saat ini pemerintah tengah menggodok aturan mengenai kewajiban melakukan transaksi non tunai di seluruh gerbang tol. Bersamaan dengan dikeluarkannya peraturan tersebut, diharapkan seluruh aspek yang mendukung kelancaran implementasi tersebut sudah terlaksana.

"Makanya ini bertahap, yang pertama alatnya dulu yang mendukung pembayaran non tunai. Sejak Februari kemarin semua gardu sudah bisa menerima e-payment," tutur Herry.

"Jadi semua gerbang tol sekarang bisa melayani cash atau non tunai. Selama ini orang beranggapan kalau mau bayar non tunai, pasti di GTO kan. Sekarang itu sudah bisa. Sekarang kita sudah memerintahkan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) bahwa semua gardu manual bisa melayani non tunai," pungkasnya. [medanbisnisdaily.com]

EXISTENCE OPTIMA
PROJECT REFERENCE

Kartu ID Pegawai

Pekerjaan Total Solusi Kartu ID Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 2011 s/d Sekarang.
Kartu Java Combi Dual Interface (Chip Contact & Contactless)
Applet Match on Card (MOC) Biometric
Sistem Absensi Kepegawaian & Personalisasi d) Chip Contact and Contactless Reader

CMS e-KTP

Pekerjaan  Personalisasi Smart Card e-KTP NASIONAL Direktorat  Pengelolaan Infomasi  AdminIstrasi  Kependudukan,   Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri RI – KEMENDAGRI. 2011 s/d Sekarang.

Aplikasi Card Management System (CMS)  dan Aplikasi Integrasi Terkoneksi ke 22 unit Mesin Personalisasi kartu E-KTP (Perso Biro 1 di PNRI) dan 14 unit Mesin Personalisasi (Perso Biro 2 di Patra Jasa Tower)

Kartu e-Karip

Pekerjaan Total Solusi Kartu e-Karip (Kartu Identitas Pensiun) untuk PT Taspen (Persero) termasuk standard open platform untuk Seluruh Mitra Bayar (BRI, BTPN, PT POS, Bukopin, BTN, BNI, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia) – 2012 s/d sekarang.
Kartu Java Chip Contact Card (certified by Visa, MasterCard, in progress untuk NSICCS (National Standard Indonesia Chip Card Specification), termasuk SAM Card
Applet Match on Card (MOC) Biometric c) Electronic Data Capture (EDC)/Reader
Enrollment, Verifikasi/Otentifikasi, Card Management System (CMS), Key Management System (KMS), Card Personalization System (CPS)

Smartcard Biometric

Pekerjaan Smartcard Biometric untuk PT Asuransi  Jiwa Inhealth (Subsidiary  PT Askes (Persero) berbasis kartu smartcard & EDC Biometric