Hati-Hati Keliru, Kenali Perbedaan Beberapa Jenis Kartu Kredit
Rabu, 17 Mei 2017

Jakarta - Ketika melakukan transaksi belanja menggunakan kartu kredit pasti sudah tahu dengan tulisan dan logo MasterCard atau Visa yang tertera pada kartu. Tapi apakah Anda tahu juga perbedaan antara keduanya?

Di dunia, memang dua jenis kartu ini yang sering dipasarkan. Ada beberapa jenis kartu lain, seperti American Express dan Discover. Namun sebenarnya ada perbedaan mendasar di antara semua jenis kartu kredit itu.

 

MasterCard dan Visa merupakan sistem atau jaringan transaksi. Sedangkan Discover adalah produk kartu kredit yang diterbitkan Bank Discover dan bank lain yang bekerja sama. Kalau American Express adalah perusahaan yang punya produk khusus kartu kredit, selain menyediakan jaringan.

Dibanding American Express dan Discover, MasterCard dan Visa jauh lebih populer di Indonesia. Kita harus bisa membedakan keduanya agar dapat maksimal mereguk manfaat kartu kredit.

Berikut ini perbedaan kartu kredit MasterCard dan Visa seperti dikutip dari DuitPintar.com :

Logo
Tentunya logo MasterCard dan Visa berbeda. Di kartu kredit MasterCard ada tulisan “MasterCard” dengan dua lingkaran berwarna merah dan kuning.

Sedangkan logo Visa hanya berupa tulisan “Visa” dengan kotak. Logo ini terdapat di depan maupun belakang kartu.

Beda Perusahaan
Kemudian, jelas keduanya disediakan oleh perusahaan yang berbeda. MasterCard adalah milik MasterCard Incorporated, perusahaan yang berdiri sejak 1979 dengan markas di New York, Amerika Serikat. Asal-usul perusahaan ini adalah Interbank Card Association, yang berdiri pada 1966.

Sementara itu, Visa dimiliki oleh Visa Incorporated yang berdiri sejak 1958 dengan markas di California, AS.
Perlindungan keamanan

Baik MasterCard maupun Visa punya sistem perlindungan keamanan sendiri. Milik MasterCard bernama SecureCode, sementara Visa menyediakan Verified by Visa.

Secara umum, cara kerja keduanya sama. Ketika hendak beli barang online, misalnya, kita akan diminta memasukkan password kartu kredit. Namun tergantung pada situs, apakah menyediakan fitur keamanan itu atau tidak.

Manfaat
Sebagai kartu kredit, MasterCard dan Visa punya manfaat serupa, yakni mempermudah transaksi dan membantu pengaturan keuangan. Tapi ada manfaat lain yang berbeda, bergantung pada jenis kartu.

Visa punya 4 pilihan kartu, yakni Classic, Gold, Platinum, dan Signature. Fasilitas paling terbatas ada di Classic, sedangkan paling banyak adalah Signature.

Sedangkan pilihan kartu MasterCard adalah Standard, Gold, Platinum, dan World Elite. Fasilitas terbanyak ada di World Elite, terutama untuk yang gemar traveling.

Promo dan diskon
Promo dan diskon, juga merchant yang bekerja sama, berbeda di antara keduanya. Biasanya jika merchant memberikan promo atau diskon untuk suatu produk dengan Visa, tidak ada program serupa untuk kartu kredit MasterCard.

Begitu juga sebaliknya. Penawaran diskon atau promo oleh keduanya bisa dilihat di situs masing-masing, juga di situs bank yang bekerja sama menerbitkan kartu dari mereka.

Biaya Transaksi
Ada biaya transaksi kartu kredit Visa dan MasterCard saat digunakan untuk transaksi di luar negeri. Biaya Visa sebesar 1 persen, sedangkan MasterCard 0,2-1 persen. Besaran biaya bisa dilihat pada penjelasan kartu kredit yang kita pakai.

Hingga saat ini belum diketahui pasti jumlah pengguna kartu kredit Visa maupun MasterCard di Indonesia. Yang pasti, keduanya mendominasi jaringan kartu kredit di negara ini.

Di negara lain pun begitu. Oleh karena itu, kartu kredit Visa dan MasterCard bisa digunakan di banyak negara selain Indonesia.  [lifestyle.liputan6.com]

EXISTENCE OPTIMA
PROJECT REFERENCE

Kartu ID Pegawai

Pekerjaan Total Solusi Kartu ID Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 2011 s/d Sekarang.
Kartu Java Combi Dual Interface (Chip Contact & Contactless)
Applet Match on Card (MOC) Biometric
Sistem Absensi Kepegawaian & Personalisasi d) Chip Contact and Contactless Reader

CMS e-KTP

Pekerjaan  Personalisasi Smart Card e-KTP NASIONAL Direktorat  Pengelolaan Infomasi  AdminIstrasi  Kependudukan,   Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri RI – KEMENDAGRI. 2011 s/d Sekarang.

Aplikasi Card Management System (CMS)  dan Aplikasi Integrasi Terkoneksi ke 22 unit Mesin Personalisasi kartu E-KTP (Perso Biro 1 di PNRI) dan 14 unit Mesin Personalisasi (Perso Biro 2 di Patra Jasa Tower)

Kartu e-Karip

Pekerjaan Total Solusi Kartu e-Karip (Kartu Identitas Pensiun) untuk PT Taspen (Persero) termasuk standard open platform untuk Seluruh Mitra Bayar (BRI, BTPN, PT POS, Bukopin, BTN, BNI, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia) – 2012 s/d sekarang.
Kartu Java Chip Contact Card (certified by Visa, MasterCard, in progress untuk NSICCS (National Standard Indonesia Chip Card Specification), termasuk SAM Card
Applet Match on Card (MOC) Biometric c) Electronic Data Capture (EDC)/Reader
Enrollment, Verifikasi/Otentifikasi, Card Management System (CMS), Key Management System (KMS), Card Personalization System (CPS)

Smartcard Biometric

Pekerjaan Smartcard Biometric untuk PT Asuransi  Jiwa Inhealth (Subsidiary  PT Askes (Persero) berbasis kartu smartcard & EDC Biometric