Rapat Koordinasi Kartu NSICCS dan Demo Pembacaan KTP el
Jumat, 15 September 2017

Telah dilaksanakan meeting antara PT. OPTIMA INFOCITRA UNIVERSAL (Vendor Perso Chip NSICCS) dengan PT. Bank SBII (Client Optima) pada tanggal 12 September 2017, bertempat di Gedung Graha Mandiri lantai 11 yang dihadiri oleh Direktur Utama OPTIMA dan Team Support NSICCS OPTIMA sedangkan dari pihak Bank SBII dihadiri juga oleh Head of IT Division beserta Team Card Center & IT Bank SBII

Dalam kesempatan meeting tersebut membahas beberapa hal, diantaranya :

  1.  Persiapan Perso Insourching Bank SBII

Koordinasi mengenai persiapan live production Chip Card NSICCS di Bank SBII yang akan di mulai pada awal bulan Oktober 2017. Dimana sistem perso yang mereka gunakan Perso Insourching yang bekerja sama dengan PT Optima.

  1.  Demo Perangkat Pembaca KTP el.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pemanfaatan teknologi diberbagai bidang, maka salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam perkembangan ini adalah tingkat keamanan pada sebuah teknologi yang sedang dikembangkan. Dengan perhitungan inilah salah satu pihak yang khawatir tentang keamanan teknologi adalah instansi atau perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Dari hal ini banyak perbankan yang melakukan kerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk kebutuhan kemanan data nasabah. Dinas Dukcapil merupakan sebuah instansi pemerintah yang mempunyai kemampuan untuk melakukan monitoring data kependudukan yakni peredaran kartu identitas elektornik yang biasa disebut dengan KTP el, hal ini berhubungan dengan prosedur pembukaan akun rekening pada perbankan, dimana setiap nasabah yang akan membuka sebuah akun rekening tabungan di sebuah bank haruslah pada awalnya menggunakan ktp el sebagai identitas diri dari calon nasabah tersebut.

Tujuan Bank SBII untuk melakukan kerja sama dengan Dinas Dukcapil adalah ingin mendapatkan pemanfaatan fasilitas dari sistem pembacaan data kartu ktp el tersebut. Karena salah satu fasilitasnya adalah menggunakan sebuah perangkat pembaca yang sebelumnya sudah di standarisasi oleh BPPT dan terdapatnya sebuah teknologi tambahan pada bagian pengamanan pembacaan yaitu SAM (Secure Access Module) yang penggunaan hanya dapat di monitoring  oleh pihak Dinas Dukcapil. Demi memaksimalkan kerjasama tersebut maka bank SBII meminta PT Optima untuk mempresentasikan serta sekaligus melakukan demo pembacaan alat KTP el yang dapat disediakan oleh PT Optima yang di support oleh PT Len Industri sebagai pembuat alat pembaca KTP el. [admin]

EXISTENCE OPTIMA
PROJECT REFERENCE

Kartu ID Pegawai

Pekerjaan Total Solusi Kartu ID Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 2011 s/d Sekarang.
Kartu Java Combi Dual Interface (Chip Contact & Contactless)
Applet Match on Card (MOC) Biometric
Sistem Absensi Kepegawaian & Personalisasi d) Chip Contact and Contactless Reader

CMS e-KTP

Pekerjaan  Personalisasi Smart Card e-KTP NASIONAL Direktorat  Pengelolaan Infomasi  AdminIstrasi  Kependudukan,   Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri RI – KEMENDAGRI. 2011 s/d Sekarang.

Aplikasi Card Management System (CMS)  dan Aplikasi Integrasi Terkoneksi ke 22 unit Mesin Personalisasi kartu E-KTP (Perso Biro 1 di PNRI) dan 14 unit Mesin Personalisasi (Perso Biro 2 di Patra Jasa Tower)

Kartu e-Karip

Pekerjaan Total Solusi Kartu e-Karip (Kartu Identitas Pensiun) untuk PT Taspen (Persero) termasuk standard open platform untuk Seluruh Mitra Bayar (BRI, BTPN, PT POS, Bukopin, BTN, BNI, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia) – 2012 s/d sekarang.
Kartu Java Chip Contact Card (certified by Visa, MasterCard, in progress untuk NSICCS (National Standard Indonesia Chip Card Specification), termasuk SAM Card
Applet Match on Card (MOC) Biometric c) Electronic Data Capture (EDC)/Reader
Enrollment, Verifikasi/Otentifikasi, Card Management System (CMS), Key Management System (KMS), Card Personalization System (CPS)

Smartcard Biometric

Pekerjaan Smartcard Biometric untuk PT Asuransi  Jiwa Inhealth (Subsidiary  PT Askes (Persero) berbasis kartu smartcard & EDC Biometric