Masih Ada 2 Bank Belum Siap Terapkan PIN 6 Digit Kartu Debit
Kamis, 13 Juli 2017

Penggunaan personal identity number (PIN) 6 digit pada kartu ATM debit akan berlaku pada 1 Juli 2017. Namun dari 114 bank yang memiliki kartu debit masih ada 2 bank yang belum siap untuk menerapkan aturan itu.

"Berdasarkan pertemuan Rabu lalu antara Departemen Surveilans Sistem Keuangan (DSSK) Bank Indonesia (BI) hanya ada 2 bank yang belum siap dari 114 bank," ujar Wakil Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi) Rico Usthavia Frans.

Sementara itu untuk National Standard Indonesia Chip Card Spesification (NSICCS) berdasarkan data Aspi per Maret 2017 kurang dari 50% bank yang dianggap memiliki kesiapan penerapan chip di kartu debit. Atau sudah sekitar 43 bank yang siap dari total 114 bank.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengungkapkan memang ada 2 bank yang belum siap 100% untuk penerapan PIN 6 digit tersebut.

"Kedua bank tersebut sudah menjadi perhatian BI, mereka sudah menyatakan komitmen untuk siap sebelum batas waktu paling lambat," ujar Sugeng.

Dia menyebutkan, pihak pengawas sistem pembayaran BI terus memonitoring progres penerapan PIN ini. Sugeng menargetkan, kedua bank tersebut sudah siap migrasi pada akhir Juni.

Penggunaan PIN ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No 17/52/DKSP yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dalam bertansaksi menggunakan kartu debit.

Mayoritas Perbankan Siap Terapkan PIN 6 Digit

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengaku sudah siap menerapkan PIN 6 digit untuk kartu debit. Corporate Secretary BNI Rian Kiryanto mengungkapkan, saat ini proses persiapan sedang dan terus berlangsung.

"Saat ini di BNI sudah tidak lagi menggunakan PIN 4 digit, kami sudah 100% dan sudah sesuai dengan regulasi BI," ujar Rian.

Dia mengatakan, ini dalam rangka keamanan untuk melindungi transaksi nasabah pengguna kartu debit.

Hingga April 2017, jumlah kartu debit BNI tercatat 15,3 juta keping kartu dengan kartu swipeable sebanyak 14,5 juta keping. Jumlah ini termasuk dengan kartu Bantuan sosial (Bansos)

Selain BNI, PT Bank Central Asia (BCA) mengaku sudah siap 100% untuk penerapan PIN 6 digit ini.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, semua perangkat di BCA mulai dari mesin electronic data capture (EDC) hingga mesin anjungan tunai mandiri (ATM) sudah siap dengan PIN 6 digit sejak beberapa tahun lalu.

"Di BCA sudah 6 digit semua, sudah siap," ujar Jahja.

Berdasarkan statistik infrastruktur alat pembayaran menggunakan kartu (AMPK) BI, jumlah mesin ATM per Maret 2017 tercatat 103.053 unit. Kemudian jumlah mesin EDC mencapai 1,11 juta unit. Sementara itu jumlah merchant mencapai 647.926.

Berdasarkan data BI, per Maret 2017 jumlah kartu ATM debet yang beredar mencapai 134 juta keping lebih tinggi dibanding periode akhir 2016 sebanyak 127,78 juta keping.

Sementara itu per Maret 2017 volume transaksi menggunakan kartu debet tercatat 1,31 triliun transaksi. Untuk nilai transaksi tercatat Rp 502,59 triliun.  [finance.detik.com]

EXISTENCE OPTIMA
PROJECT REFERENCE

Kartu ID Pegawai

Pekerjaan Total Solusi Kartu ID Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 2011 s/d Sekarang.
Kartu Java Combi Dual Interface (Chip Contact & Contactless)
Applet Match on Card (MOC) Biometric
Sistem Absensi Kepegawaian & Personalisasi d) Chip Contact and Contactless Reader

CMS e-KTP

Pekerjaan  Personalisasi Smart Card e-KTP NASIONAL Direktorat  Pengelolaan Infomasi  AdminIstrasi  Kependudukan,   Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri RI – KEMENDAGRI. 2011 s/d Sekarang.

Aplikasi Card Management System (CMS)  dan Aplikasi Integrasi Terkoneksi ke 22 unit Mesin Personalisasi kartu E-KTP (Perso Biro 1 di PNRI) dan 14 unit Mesin Personalisasi (Perso Biro 2 di Patra Jasa Tower)

Kartu e-Karip

Pekerjaan Total Solusi Kartu e-Karip (Kartu Identitas Pensiun) untuk PT Taspen (Persero) termasuk standard open platform untuk Seluruh Mitra Bayar (BRI, BTPN, PT POS, Bukopin, BTN, BNI, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia) – 2012 s/d sekarang.
Kartu Java Chip Contact Card (certified by Visa, MasterCard, in progress untuk NSICCS (National Standard Indonesia Chip Card Specification), termasuk SAM Card
Applet Match on Card (MOC) Biometric c) Electronic Data Capture (EDC)/Reader
Enrollment, Verifikasi/Otentifikasi, Card Management System (CMS), Key Management System (KMS), Card Personalization System (CPS)

Smartcard Biometric

Pekerjaan Smartcard Biometric untuk PT Asuransi  Jiwa Inhealth (Subsidiary  PT Askes (Persero) berbasis kartu smartcard & EDC Biometric